Senin, 08 Desember 2014

BEBASKAN KAMI DARI PR!

     PR? Apakah PR itu? Pekerjaan Rumah? Atau pekerjaan rame-rame? Hahaha kalo buat anak SMA atau SMP, pengertian PR lebih ke Pekerjaan Rame-rame. PR dalam arti sebenarnya cuma efektif buat anak SD, karna mereka masih nurut dan belum berpengalaman ngerjain PR rame-rame.

     Kalo buat anak SMA? Rasanya ngga afdol kalo ngerjain PR di rumah. Serunya ngerjain PR di sekolah, pagi-pagi sama yang lain. Dan pastilah ada orang yang bersedia dengan besar hati ngasih contekan.
    Kalo gue sih orangnya ditengah-tengah, kadang ngasih contekan kadang di contekin. Eh sama aja ya? Hahaha kadang gue nyontek. Tapi kalo udah bener-bener kepepet itu mah. Kalo masih ada waktu dan gue bisa, ya gue kerjain sendiri. Meski ngerjainnya pagi-pagi di sekolah.
    Tujuan PR itu kan biar kita belajar di rumah. Tapi sekarang? Jarang. Jadi ngapain masih ada PR? Apa kurang puas kita belajar formal 8 1/2 jam di sekolah? Pelajaran itu ga cuma 1, 2, 3. Di sekolah gue, ada sekitar 14 pelajaran kalo ga salah. Sekolah dari senin sampe sabtu. Pulang sekolah jam 3 dan lanjut bimbel. Setiap hari ada PR yang harus dikumpulin tepat waktu. Beh meledog tuh otak. Udah mah kadang PR nya di paraf doang. Atau yang lebih parah, pak guru/ibu gurunya lupa kalo ada PR, jadilah kita ngerjainnya sia-sia. Kalo di ingetin ya dapet tatapan sinis dari yang lain yang belum ngerjain.
     Jadi gunanya PR apa? PR cuma bikin murid tambah stres. Bikin murid tambah banyak dosa karna nyontek mulu. Bikin murid nambah ngga ngerti karna dia ngga ngerjain sendiri. Kita libur cuma sehari, di hari minggu. Kadang hari libur dipake buat ngerjain PR. Kapan kita istirahatnya? Kapan kita refreshingnya? Kita manusia Pak/Ibu guru. Tolong mengerti. Kita bukan robot yang selalu siap siaga. Kita punya titik jenuh. PR bukan cuma di satu pelajaran Pak/Ibu, dan jumlahnya ngga sedikit. O ya, hari ini gue ada PR Bahasa Indonesia sebanyak 100 soal. Besok gue ulangan akuntansi. Sebenernya gue ngga ngeluh, cuma minta pengertian aja. Hilangkan PR dari muka bumi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar