Senin, 15 April 2013

Semangat UN!! :D



Pada hari ini, tepatnya tanggal 15 April 2013 SMA dan sederajatnya melaksanakan ujian yang rutin dilakukan setiap tahun oleh Negara tercinta kita ini. Tapi, dari tahun ketahun yang berlabelkan “Ujian Nasional” menjadi momok yang menyeramkan dikalangan siswa. Bahkan ada siswa yang stress dan sampai bunuh diri akibat tidak lulus. Menurut saya (pelajar), UN bukannya menambah semangat belajar kita tapi malah menurun dratiskan semangat kita. Bayangkan saja, ketika kita tidak lulus, mau di tempatkan di mana muka kita? Pasti malu dan sebagainya.
Apalagi dengan ditambahkannya paket soal, sampai 20 paket! Itu mempersulit kelulusan para pelajar. Maksudnya apa dibuat menjadi 20 paket soal? Biar siswa ngga nyontek? Lalu untuk apa ada tulisan “"Saya mengerjakan Ujian Nasional dengan sejujur-jujurnya"!! Haduuhh.. saya aja yang baru kelas X stress mendengar cerita para kakak-kakak yang sedang melaksakan UN. Gimana sama mereka ya? Ckck. Saking banyaknya ya tuh paket, sampe ada 11 provinsi yang mengundur Ujian Nasional dikarenakan, 1. Salah paket, 2.
Salah cetak, 3. Kurang percetakan, de el el.
Gimana Negara kita mau maju?   Wong lulus aja dipersulit. Apa sih yang diharepin dari pelajar SMA? Menuntut kejujuran? Kita juga takut kali mau jujur, takut ngga lulus. Ngga jujur, takut sama Tuhan. Yah.. Intinya mereka cuma menuntut pelajar untuk menjadi apa yang mereka mau. Tanpa memikirkan sanggup atau tidaknya para pelajar Indonesia.
Jadi gimana? Yaaa.. kita cuma bisa ngejalanin semampunyaa, toh nanti juga terdengar kata “lulus” meski dengan nilai yang pas, daaannn sulit lagi masuk SNMPTN. Haduhhh.. Serba sulit ya di Negara ini. Maklum ajalah, banyak yang mau menurunkan nilai rupiah (connect kagaa yang baca?). Buat kakak-kakak yang sedang melaksanakan Ujian Nasional, wabilkhusus akang teteh Smancir, SEMANGAT UN!! BELAJAR, BERDOA, SUKSES!! YES YES YES!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar